Skip to main content

follow us

Kata Ucapan Selamat Hari Kelahiran Pancasila 2019

Ucapanpedia - Setiap tanggal 1 Juni merupakan hari Kelahiran Pancasila, yang mana pada hari tersebut selalu di peringati atau di rayakan oleh rakyat Indonesia.
Karena Pancasila adalah ideologi dasar dalam kehidupan bagi negara Indonesia, yang memiliki Lima Sila penting.

Lima Sila Pancasila


1. Ketuhanan Yang Maha Esa
2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan
5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Baca juga : Kata Mutiara Romantis Selamat Idul Fitri Terbaru 2019

Sejarah perumusan dan lahirnya Pancasila



Pada tanggal 1 Maret 1945 dibentuk Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia yang diketuai oleh Dr. Kanjeng Raden Tumenggung (K.R.T.) Radjiman Wedyodiningrat. Dalam pidato pembukaannya dr. Radjiman antara lain mengajukan pertanyaan kepada anggota-anggota Sidang, "Apa dasar Negara Indonesia yang akan kita bentuk ini?"[1]

Dalam upaya merumuskan Pancasila sebagai dasar negara yang resmi, terdapat usulan-usulan pribadi yang dikemukakan dalam Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia yaitu:

Lima Dasar oleh Muhammad Yamin, yang berpidato pada tanggal 29 Mei 1945. Yaminmerumuskan lima dasar sebagai berikut: Peri Kebangsaan, Peri Kemanusiaan, Peri Ketuhanan, Peri Kerakyatan, dan Kesejahteraan Rakyat. Dia menyatakan bahwa kelima sila yang dirumuskan itu berakar pada sejarah, peradaban, agama, dan hidup ketatanegaraan yang telah lama berkembang di Indonesia. Mohammad Hatta dalam memoarnya meragukan pidato Yamin tersebut.

Meskipun terjadi perubahan kandungan dan urutan lima sila Pancasila yang berlangsung dalam beberapa tahap selama masa perumusan Pancasila pada tahun 1945, dan tanggal 1 Juni diperingati sebagai hari lahirnya Pancasila.

Dan kita pun dapat juga membagikan kata ucapan selamat di media sosial kita..

Baca juga : 20+ Kata Mutiara Selamat Idul Fitri Bahasa Inggris Terbaru 2019

Kata Ucapan Selamat Hari Kelahiran Pancasila 2019


Agama dan nasionalisme adalah dua kutub yang tidak bersebrangan. Nasionalisme adalah bagian dari dari agama dan kedudukannya saling menguatkan. KH Hasyim Asy'ari (Pendiri NU)

Selamat Hari Lahir Pancasila. Mari perkokoh persatuan dan kesatuan bangsa, untuk Indonesia yang lebih baik.

Perilaku Pancasila adalah mempersatukan, bukan memisahkan. Kita semua Pancasila, Kita semua Indonesia. -zul_hasan

Selamat memperingati hari lahir pancasila. Semoga kita senantiasa mengamalkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Jangan hanya hafal Pancasila, terapkan juga nilai-nilainya dalam kehidupan sehari-hari ya! Selamat Hari Lahir Pancasila.

Tangguhkan semangat kebhinnekaan. Jaga kesatuan dan persatuan NKRI. Bhinneka Tunggal Ika, Selamat Hari Lahir Pancasila.

Pancasila itu ideeologi bangsa dan negara. Ideologi semua untuk semua, bukan golongan tertentu saja. Ideologi kita yang satu dan mempersatukan kita yang berbeda-beda. M. Hanif  Dhakiri

Kita boleh berbeda pendapat, namun untuk kepentingan bangsa, kita harus bersatu! Selamat Hari Lahir Pancasila. -Sandiuno

Selamat Hari Lahir Pancasila. Jaga kebhinekaan, jaga kerukunan,saling menghargai dan menghormati, junjung tinggi asas persatuan dan kesatuan. -IdrisShomad



Baca juga :



Kata Ucapan Selamat Hari Pancasila 1 Juni 2019


Aku menyadari bahwa kami tidak dapat mendirikan bangsa kami atas dasar delklarasi kemerdekaan Amerika Serikat. Pun tidak berdasarkan manifesto komunis. Aku tidak mengatakan, bahwa aku menciptakan Pancasila. Apa yang kukerjakan hanyalah menggali tradisi kami jauh sampai kedasarnya dan keluarlah aku dengan lima butir mutiara yang indah. Soekarno

Selamat memperingati hari lahirnya Pancasila. Mari kita abadikan semangat persatuan dan kesatuan. NKRI dengan nilai luhur bangsa kita Pancasila.

Mari jadikan Pancasila sebagai pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan Peringatan Hari Lahir Pancasila, kita dimampukan untuk semakin membumikan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Lewat Pancasila, kita yang terdiri beragam suku, budaya, bahasa dan agama dapat bersatu dalam satu atap, Indonesia.

Selamat Hari Lahir Pancasila, semoga seluruh masyarakat Indonesia bisa memaknai arti perbedaan. Binneka Tunggal Ika Indonesia





Dan demikianlah, Kata kata Selamat Hari Kelahiran Pancasila,
yang semoga bermanfaat dan berguna bagi para pembaca semuanya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar